Sunday, October 5, 2014

Paduan Suara Mewek di Mesjid

Sepanjang sholat Id di mesjid hari ini, saya denger ada sedikitnya tiga anak nangis. Sebetulnya saya kepo pingin cari sumber tangisan, tetapi saya kan nggak bisa noleh-noleh lantaran saya juga lagi sholat Id. Kalau dari suaranya sih kayaknya yang nangis itu umurnya mungkin satu sampai tiga tahun, pokoknya sudah bukan bayi lagi.

Nangisnya kompak banget, sampai-sampai saya mikir mestinya mereka bikin paduan suara aja. Kalau direkam bisa jadi album, barangkali laku buat dijual di rumah-rumah duka cita.



Anehnya, begitu sholat Idnya selesai, tangisannya berhenti. Barangkali mereka berhenti nangis karena mengira emak mereka nggak nyuekin mereka lagi.

Seandainya saya dan janin ini sehat wal afiat, insya Allah tahun ini adalah tahun terakhir saya sholat Id sendirian (sebetulnya nggak sendirian, saya sholat bareng nyokap dan asisten).

Mungkin tahun depan saya terpaksa nggak sholat Id karena semestinya anak saya udah lahir dan saya lagi blingsatan nyusuin dua jam sekali. Sepertinya ide membawa buaian ke mesjid terlampau ribet. Dengan perkiraan saya baru bisa ngajarin dia supaya jangan rewel kalau saya lagi sholat pada waktu umurnya dua tahun, berarti paling cepet baru dua tahun lagi saya sholat Id.

Tapi kalau saya salah perkiraan dan saya terlalu optimis, berarti dia akan jadi anggota paduan suara mewek di mesjid. Yang baru berhenti nangis kalau saya berhenti sholat Id.

Saya selalu penasaran gimana cara ibu-ibu ngajarin balita-balita mereka ke mesjid. Bahkan saya juga penasaran bagaimana teman-teman saya ngajarin anak-anak mereka supaya nggak rewel waktu dibawa nyokap mereka ke kuil, ke gereja, ke pura. Bukankah tangisan bayi bisa mengganggu kekhusyukan ibadah?

Mungkin suatu hari nanti, ke si bayi, saya akan bilang, "Nak, jangan nangis ya kalau Mama lagi sholat. Mama cuman mau ngomong sama Tuhan sebentar, bukan nyuekin kamu. Nanti habis Mama sholat, kita main-main lagi ya, Nak.."
http://georgetterox.blogspot.com
http://laurentina.wordpress.com